Bikin SIM Itu Mudah, Cuman dipersulit

Written By Tony on Selasa, 16 Agustus 2016 | 16.24

Gua mau sharing, soal hari ini gue ujian SIM, karena ktp gua jakarta, jadi gue kudu hijrah ke sebuah tempat bernama Satpas/Samsat Daan Mogot. 45 KM mba/mas dari rumah saya, pegel asli, untung ada bis jurusan Cileungsi-Kali Deres :)

Gua berangkat dari rumah pagi jam 6. Dan terkendala macet dsb, nyampelah jam set.9. Nah sebelum lebih lanjut, kalo lu mau bikin sim, coba siapin :
1. Fotokopi KTP 4 Lembar, kalo bisa 10 biar cadangan banyak.
2. Surat Keterangan Sehat Jasmani, Katanya sih bisa dari luar, tapi biar "aman" lebih baik ngurus di sana.
3.Pulpen/Pensil/Alat Tulis lain
4.Uang 100k (+25 K untuk cek kesehatan, +30k kalo mau nambah asuransi)
5.ktp asli

Sampe sana, segera gua bertolak ke gedung kesehatan deket lapangan parkir, ngantri bos, dan gua sempet salah karena ga ngambil formulir kesehatannya jahahah -_-.

Lu tau apa? ini adalah uang 25 ribu yang paling gua sia-siain. Kenapa? Pertama, tes kesehatan itu biasanyakan dites mulai buta warna, pendengaran, rabun dll. Gila, gua cuman disuruh baca huruf yang besarnya segede gaban dan gua rasa yang matanya Min 1 Juta pun pasti bisa tuh baca. Emak gua aja yang matanya berkacamata +2,5 bisa membaca itu dengan sangat jelas tanpa kacamata :)

Lucunya lagi, kan gua cuman di tes baca huruf dari jauh (anggap tes rabun) YANG DICONTRENG BUTA WARNA, PENDENGARAN, RABUN JAUH. Wow!

Baru setelah itu kita bertolak ke gedung inti, sampe sini emak gua ditahan katanya pengantar hanya boleh sampai gerbang (menghindari calo mungkin) mulailah gua merantau di gedung itu. Gedung berwarna biru yang ternyata isinya banyak polwan cakep wkwkwk.

Pertama gua diarahin utk bayar di loket BRI. 100 Ribu, baru setelahnya ambil formulir, dan baru ke loket sebelahnya ambil asuransi (Ini ga wajib sih, cuman katanya suka diintimidasi kalo ga ada)

Baru setelah kalian isi semua data diri, segera menuju Loket 4 untuk pendaftaran. Di pendaftaran ini, keluarin 2 fotokopi ktp, beserta ktp aslinya. Saat dilayani di loket 4, ikutin cara gua ini kalo emang lu mau lulus cepat dari tempat ini.

Pertama, senyum ramah ke petugas, jangan lupa ucapkan salam, Kedua sodorkan form yang tadi, lalu ktp asli dan fotokopiannya. Lalu? Mintalah sama doi untuk Ujian teori dengan Komputer/Online.

Kenapa? Karena, dari pengamatan gua, dan asas praduga bersalah, ada semacam "permainan" di Ujian teori manual. maafkan saya pak polisi, bukan bermaksud memfitnah, nanti kita akan tau kenapa saya bisa mendapat survey ini yang mungkin tidak berguna di kehidupan saya -_-

Biasanya, doi menyetujui, dan menyuruh kalian untuk duduk dahulu sembari data agan/aganwati diinput di komputer untuk ujian online.Nah setelah selesai, dan dia sudah memberi semacam enter pass untuk ujian online, jangan lupa mengucapkan terimakasih pak/bu.

Tahap selanjutnya agak berbeda dengan yang manual, kita lebih dahulu disuruh foto. Iya foto. Gua juga sempet bingung apa gua salah urutan, dan setelah gua tanya ke beberapa pemandu(ya, ada pemandu disana selain pak polis yang siap melayani anda ) memang bener kalo ujian sim online harus foto dan input data dulu di Loket 6.

Masuk loket 6, cuma foto sidik jari dan tanda tangan, baru kita naik ke lantai atas. Kalo gua, gua ujian di ruang 3, AC, Komputernya model terbaru, Monitor Lenovo 21 Inch boss, dan yang ajib, pengawasnya polwan yang cakep dan baik hati. Hahaha.

Mungkin sebelum kalian face to face sama ujian teori, ada baiknya kalian latihan di WEB KORLANTAS POLRI ,seenggaknya, ada 30-40% soal yang keluar dari web itu di bagian gua.

Masuk Ruang 3, ketemu bu pengawas, kasih form dari loket 4, dia akan input username kita, baru pilihlah sesuka hati komputer kalian. Kenapa? karena yang ujian sim Online hanya gua!! Iya gua! gua sempet bingung ko cuman gua yang ujian yak, sedangkan gua lewat ruang ujian manual di lantai bawah buset bejibun.

Oke, input username, done. Tahap berikutnya adalah kalian diberi 7 soal survey tentang pelayanan di Satpas daan mogot. Contohnya: Apakah petugas memberi informasi yang cukup tentang pelayanan SIM? Usahakan jika pertanyaannya bernada bagus untuk petugas jawab Ya, jangan sampai tidak, wkwkw nyari mati lu tong.

Soal pertama cukup mudah, karena hanya logika sederhana tentang pengereman. Meskipun agak kaget karena gak ada di web yang tadi gua bagikan. Soal berikutnya mulai naik tingkat kesulitannya, di soal nomor 15-an bahkan ditanya lebar maksimum kendaraan roda dua? anjir gua kaga tau nyet wkwkw. Ngasal.

SO far, soalnya hanya berkisar logika, dan pengetahuan umum. Perbanyak afalan tentang rambu dan marka jalan, then you should pass it.

Saat sudah selesai 30 soal, akan muncul hasil langsung, Yak! Langsung skor gua 22. Artinya gua lolos, karena KKMnya 21. Damn! wakakaka

Setelah itu langsung turun ke loket 5 untuk ambil surat buat ujian praktek. Nah disinilah gua mensurvey, kalo ujian manual itu, masih harus deg degan lagi karena hasil dibagi saat pembagian kertas ujian praktek di loket 5. Yang makan waktu nunggu sejam. Bayangin, sejam dengan rasa ketar-ketir nunggu yang ga pasti, serasa menunggu Naruto untuk ngumpulin 7 buah dragon ball dibantu sama tsubasa. -_-

Akhirnya ketika satu persatu nama dipanggil, gua survey kecil-kecilan, kalo mereka abis ngambil terus jalan ke kiri (kanannya lapangan ujian praktek) artinya mereka gagal karena ke kiri itu pintu keluar. Dan guess what? Hanya 3 orang yang masuk lapangan ujian praktek dari bejibunnya ujian manual. Ironi. Makanya gua menduga ada unsur permainan, sekali lagi maap pak polisi, ini dugaan lho ya saya ga punya bukti otentik soalnya.

Bahkan Ibu-ibu yg duduk tepat dibelakang saya bercerita dia udah 4 kali ujian teori. Wah betah ya Bu, hahaha. Memang kata ibu itu juga, sebut saja Ibu asep (?) rumornya harus ngulang 4x ujian teori, 5x ujian praktek baru bisa lolos. Atau lewat jalan tol. oke gua rasa lu semua tau arti dari konotasi "jalan tol"

Setelah kertas dibagikan, berjalanlah gua like a boss ke ujian praktek, melewati muka muka suram gagal ujian teori (Guess who win madafaka)

Sampai di lapangan, Gua ngumpulin kertas dulu ke loket 7, dikasih formulir, dan diserahkan ke petugas. Gua agak santai karena gua liat di tenda ada banyak orang, krg lebih 40-an kali ya, ya gua pikir gua terakhir lah.

Guess what? gua dipanggil pertama. amsyong, gua aja kaga tau kudu ngapain, jadilah si petugas "ngeh" kalo gua baru pertama kali ujian praktek. Dijelasin secara singkat padat dan jelas oleh Bpk.Leri kalo ga salah soal rintangan yang harus gua hadapi.

1. Jalan lurus, dengan kecepatan 30 KM/JAM.
LEVEL : EASY

2. Jalan lurus dengan cabang , kecepatan 30 KM/JAM
LEVEL : EASY

3. Jalan zigzag
Level : AMATEUR

4. Jalan lintasan 8
LEVEL : EASY

5. Puter balik huruf U
Level : Agak susah, tapi gampang kok.

Untuk lebih jelas lihat gambar:



Ini cukup mudah, kuncinya keseimbangan, dan percaya diri aja, karena memang anda jadi tontonan sirkus, seperti yang gua bilang tadi, layaknya miss indonesia, semua mata tertuju padamu, mata 40 orang tadi tertuju pada gua.

Rintangan 1, berhasil, pas 30KM lagi,
Rintangan 2, Berhasil
Rintangan 3 : Easy
Rintangan 4 : Easy juga lah
Nah dari lintasan 8 itu gua sempet salah arah, karena gua pikir lintasan puter baliknya di belakang, jadilah gua injek kaki karena salah arah, lalu puter balik ke lintasan U.

Wow! gua berhasil tanpa satu pion pun mencium motor gua. ya lintasan U yang kata sebagian orang susah, gua berhasil. Kuncinya ya di keseimbangan aja. Disambut tepuk tangan meriah karena kata nya gua doang hari itu yang berhasil di huruf U.

Nah, inilah momen nyeseknya, si polis bilang gua nginjek kaki kanan ke tanah. Hah? dia ga bilang kalo di lintasan 8 sama huruf U gak ada jeda, alias, kalau udah dari lintasan 8, langsung ngebut ke huruf U.


Sempet adu argumen, tapi mau gimana, polisinya kroyokan :(

Gua gagal di praktek. karena kaki! Fak! ada aja alasannya. Menjelang jalan pulang dengan sakit hati, rupanya ada bapak2 ngasih tau gua gerakan gua udah bagus, tapi memang jarang orang yang ga lewat "jalan tol" jadi langsung sehari. biasanya diajak muter-muter dulu berminggu-minggu. Yah, ironis sekali gak ada sim jalan di jalan raya, ditilang. Tapi mau bikin dipersulit.

Next time 2 minggu lagi saat gua ujian ulang, gua pastiin si polis gak bakal bisa "mendakwa" gua lagi. Huahaha.

*UPDATE*
GUESS WHO GET THE SIM MADA FAKA? ME! HELL YEAH !

Short story :
Berangkatlah gua jam 8 ke Daan Mogot, dengan santai melewati kerumunan orang yang antri di loket kesehatan, antri buat ujian teori, dan antri buat ambil pendaftaran teori.

Sampailah gua di lapangan luas. Sepi. Hanya ada 5 polisi disana yang udah standby buat menguji, saatnya giliran gua unjuk gigi. Eh maap, ambil formulir pendaftaran praktek dulu di loket 7. Setelah ambil? isi nama dan nomor registrasi. Setelah itu? kasih ke penguji.

Pilih motor yang anda bisa, dan mahir. Setelah itu cobalah untuk sekedar berkendara menyesuaikan dengan tarikan gas motor tersebut (Boleh tes drive dulu tapi bukan di lapangan praktek)

Start!

Rintangan pertama, jalan lurus dengan kecepatan minimum 30KM/Jam, clear
Rintangan kedua , Jalan lurus dengan kecepatan minimum 30 KM/jam dan bercabang , clear
Rintangan 3, zig zag dengan kecepatan min 10 km/jam clear.
Rintangan terakhir, membuat angka 8 dan Letter U , clear!

Wooho, gue merasa gua adalah rossi saat itu wkwkw, setelah semua rintangan gua dinyatakan lulus, langsung kembali ke loket 11 untuk input data SIM.

Sekitar 20 menit kemudian, gua langsung disuruh ke loket 30 (Pengambilan sim), nah ini juga keuntungan ujian sim online teorinya, KAGA PERLU FOTO DI LOKET 47 yang ngantriiiiii.....

Kelar semua, gua duduk manis menunggu nama gua disebut, dan 5 menit kemudian, teng teng, SIM ditangan yeay !


Sedikit tips buat kalian yang mau ujian SIM :

1. Dari rumah teguhkan iman dan niat. Jika anda berniat menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, gunakan jalur lambat, namun worth it. Jika anda adalah the flash si barry allen, silahkan gunakan jalur bebas hambatan. Ngerti kan?

2. Pilih ujian teori bebrbasis komputer, selain karena hasil langsung nampak di layar ketika kelar ujian, kita juga gak akan dicurangin. Nyesek kan kalo udah belajar mati-matian cuman dapet 13 atau 14?

3. Jangan malu bertanya. Tanya sama pak polis yang berseragam atau pun pemandu yang biasanya berbaju putih dengan tulisan ala miss indonesia "pemandu" (maap ga tau namanya apaan tu aksesoris wkwkw)

4. Saat ujian praktek, usahakan fokus terhadap apa yang di depan. jika ga sengaja jatohin pion, tetep fokus, jangan kaget atau liat ke belakang.

5. Banyak berlatih berputar di jalanan sempit. Ini untuk melatih Lintasan U

6. Kalo jalan sepi, coba latian zigzag di marka jalan yang putus-putus, Ingat, kalau jalan sepi!

7. Jangan godain mba mba polwan. Apalagi mas-mas polisinya. Jangan.

Oke, secara ringkas, gini prosedur bikin sim di Satpas Daan Mogot :

1. Dateng ke daan mogot di grogol (awas ketuker ama yang di semanggi)
2. Dari gerbang, jika anda jalan kaki, siapin ekstra stamina, karena setelah perjalanan yang cukup jauh ke dalam (Krg lebih 300M) anda akan mengantri lagi yang kalo hari sabtu, PUAAANJANG tenan. Jika anda naik kendaraam, bersyukurlah, anda tidak seperti saya yang kudu jalan.
3. Sampai di deket parkiran, bertolak ke arah kiri di gedung kesehatan. (Atau jika anda punya surat sehat sendiri, lewati langkah kesehatan ini dengan resiko diintimidasi ama pak polis wkwkw, ga tau juga sih, tapi katanya sih harus dari klinik yang ditunjuk)
4. Ambil formulir di loket pendaftaran, bayar 25 ribu dan keluarkan 1 buah fotokopi ktp.
5. Bertolak ke ruang pemeriksaan, biasanya antre jadi sing sabar ya.
6. Pemeriksaan kesehatan gampang (cenderung formalitas) jadi ya keterlaluan kalau anda sampai gagal di tahap ini, karena kalau gagal di tahap ini, otomatis anda tidak bisa bikin sim.
7. Setelah formulir kesehatan di tanda tangani, segera bertolak ke gedung utama
8. Di gerbang jangan lupa ambil name tag
9. Masuk ke kiri ke arah loket BRI, siapkan uang 100 ribu untuk SIM C, dan 120 ribu untuk SIM A, serta fotokopi ktp (biasanya tidak perlu, hanya ambil dari fotokopi ktp dari form kesehatan)
10. Setelah bayar, ambil tanda bukti bayar, bertolaklah ke loket sebelahnya yaitu ambil formulir pendaftaran.
11. Ambil formulir pendaftaran
12. Setelah diambil bergeser ke loket sebelah untuk bayar asuransi kecelakaan (Ga wajib, bisa dilewati) bayarnya 30 ribu
13. Isi formulir pendaftaran, ada contohnya kok terpampang segede mungkin di dinding deket situ, atau bisa tanya petugas. Isi data sesuai KTP
14. Bertolak ke loket 4, untuk menyerahkan form pendaftaran.
15. Sampai di loket 4, siapkan fotokopi KTP 2 lembar, dan KTP asli
16. Jika anda ingin ujian SIM berbasis komputer (Online) minta sama petugas pendaftaran untuk didaftarkan online, jika tidak cukup diam saja sampai si petugas ngasih form ujian. Untuk yang ikut ujian online, tunggu sebentar karena harus didaftarkan username anda. Masih untuk yang online,setelah dapet form, anda harus foto dulu di loket 6
17. Silahkan bertolak ke ruang ujian, untuk yang manual di lantai bawah (dasar) yang online di lantai atas.
18. Serahkan form ujian,fotokopi ktp,dan ktp asli ke pengawas, silahkan mengerjakan sebisa mungkin. Jangan sampai kosong, ini bukan SBMPTN yang salah -1.
19. Setelah ujian, anda dipersilahkan untuk ke loket 5 untuk menunggu hasil ujian (manual), dan bagi yang online anda ke loket 5 untuk ngambil persyaratan Ujian praktek (Kalo lulus, kalo kaga ya anda ngambil form untuk ngulang 2 minggu lagi)
20 Tunggu sekitar 1-2 jam. memang lamanya di sini nih, anda bisa sekedar main Coc atau get rich, tapi saya sarankan jangan dengarkan musik untuk ngusir kejenuhan, nanti kalo nama anda dipanggil terus anda ga nyaut? kalo petugasnya baik biasanya akan dipanggil ulang, kalo jahat kayak rangga ya dibuang itu kertas.
21. Jika lolos, selamat silahkan menuju lapangan praktek, siapin mental.
22. sebelum ujian ambil formulir pendaftaran di loket 7 (deket lapangan)
23. Serahin ke petugas penguji, tunggu anda dipanggil
24.Pilih motor sesuai kapabilitas anda, saya sarankan kalo anda memang bisa bebek lebih baik naik bebek. Tapi kalo anda emang bisanya matik ya ga papa juga.
25. Ikuti arahan petugas, jangan malu untuk bertanya sebelum naik ke motor,
26. Biasanya si petugas ga bilang, tapi sebenarnya anda diizinkan untuk sekedar test drive motor anda tapi bukan di track ujiannya.
27. silahkan berujian dengan riang gembira, jangan nervous walaupun diliatin banyak orang hahaha.
28. Lulus atau enggak kalian kudu ke loket 11 ambil form ujian ulang (ga lulus) atau entry data sim
29. Untuk anda yang ujian SIM secara online dengan komputer, silahkan tunggu dikasih kertas dari loket 12, tapi buat anda yang manual, silahkan tunggu dipanggil foto,sidik jari, dan lainnya di loket 47 kalo ga salah
30. Ambil SIM di loket 30.





Ditulis Oleh : Tony ~Behind 'Monds' Life

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Bikin SIM Itu Mudah, Cuman dipersulit yang ditulis oleh Behind 'Monds' Life yang berisi tentang :Bikin SIM Itu Mudah, Cuman dipersulit Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di blog saya !

Blog, Updated at: 16.24

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Ini ni kelakuan orang surabaya, nyogok mulu, gua bersih men, ga kaya kali lu ;)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

Yang baca nih blog..

Sparkline 6768885
Diberdayakan oleh Blogger.

Flexible Home Layout

Main Menu

Sub Menu

FACEBOOK COMMENT APPID

DISQUS SHORTNAME