Run For PTN?

Written By Tony on Senin, 25 Juli 2016 | 01.32

So, here i am, gua mau ceritain kisah pelarian gua mengejar kursi PTN, Well, everybody in my school, khususnya yang kelas 3 SMA pasti maunya masuk PE-TE-EN. ya kan? ngaku deh :P



Apa sih nilai emas dari PTN, Sehingga jadi inceran utama siswa untuk bermetamorfosis jadi "MAHA"siswa ?

I'll tell you something, bukan tempat kita kuliah yang nentuin kemana masa depan kita, tapi Diri kitalah yang nentuin kemana arah masa depan kite. Gua ngomong gini bukan karena gua masuk PTS. Tapi gua ngomong gini karena gua udah ngeliat banyak orang yang lulusan SMA, malah jadi boss yang lulusan PTN. But gua ga mau bahas itu, hehe trivia aja, gua mau bahas soal Kisah gua mengejar Matahari PTN.

Mari awali Dengan :

SNMPTN (SUSAH NJING MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI)

SNMPTN bagi gua adalah masa dimana gua diangkat setinggi-tingginya, lalu dijatuhkan serendah-rendahnya. Untuk bener-bener masuk PTN lewat jalur ini, gua harus lewat 2 "TES" :

 Seleksi 75% dari sekolah

What kind of bullshit again that they throw for the class of '98? Yep inilah "bullshit" yang dilemparkan kembali kepada angkatan 98. No hate speeh in this blog, go home police, you are drunk. Gua pendukung jokowi. Oke itu ga penting, Setelah menjadi "Kelinci percobaan" Kurikulum 13, sepertinya angkatan 98 bener-bener dikutuk. Yap, SNMPTN kembali menerapkan sistem hanya 75% siswa yg boleh ikut SNMPTN.

Untungnya gua lolos tes ini. Tapi, gua mau kritik sistem ini, why? THIS IS RACIST DUDE!


Rasis? no it's not about ras or agama or something like that. Ini tentang kesetaraan antara si pintar dan si bodoh. Apakah adil jika yang "pintar" bersorak sorai karena lulus 75% ini, sedangkan si "bodoh" merajuk karena sudah "kalah sebelum berperang"?

To be honest, gua liat di TV beberapa prodi di universitas, yang bahkan favorit belum terpenuhi kuotanya. Bayangkan jika kuota itu diiisi oleh yang "Bodoh" ? Everybody happy.

Lanjut benang merah, gua lolos dan gua daftar di :
UPN VETERAN JOGJA - GEOFISIKA
UPN VETERAN JOGJA - TEK. INDUSTRI
IPB - KOMPUTER.


SNMPTN diumumkan sekitar tanggal 9 Mei 2016, jam 13.00. Saat itu gua lagi di perpus, bareng temen-temen gua, ngambil SKL dan hasil UN.

Teng, jam 13.00, hasil keluar, sejujurnya gua mau cek di rumah, dan hp gua gua jokiin ke si Roy buat liat hasil doi, but shit that lucky bastard, doi lolos di Ilmu Keolahragaan UNJ! Congratulation Madafaka.

Karena paksaan dari bocah yang lain, dan karena rasa penasaran yang melanda, gua buka hasil gua, dan... Yep, Mission Failed. Gua ditolak mentah-mentah sama UPNVY, dan IPB.


PMDKPN


Sebenernya PMDKPN ini hampir barengan sama SNMPTN, dan karena PMDKPN dan SNMPTN inilah gua makin sering mondar-mandir BK buat konsul dadakan sama Bu Her atau Om Bim. Di PMDKPN ini gua milih:

PNJ -TEK LISTRIK
PNJ - TEK.SIPIL
PENS - ELEKTRO

You know what? pengumuman tanggal 30 mei, itu artinya H-1 SBMPTN! Fuck. Setelah proses panjang pembelajaran di les, dll, tiba tanggal 31 Mei. Dan Blam....
...
..
..
..
Untuk hasil PNJ ditunda sampai jam 16.00.

Gila, gua makin keringet dingin lah, dan akhirnya pengumuman pun tiba. Gua ditolak lagi ama PNJ. padahal gua udah buat surat sehat,buta warna, bebas narkoba dll dan gua yakin di terima. But yeah, PNJ, you really broke my heart.


SBMPTN (SUSAH BANGET MASUK PTN) Atau (SUSAH BANGSAT MAU PTN )


Gua daftar SBM sebelum gua ditolak sama PNJ. Dan dapet lokasi di Ujung banget, Sekolah Tawuran kalo kata temen gua (Peace anak KGB ini kata temen gua lho ya wkwkw) yaitu SMK Karya Guna Bhakti 1.

Tanggal 31 Mei meluncurlah gua ke KGB 1, dan SBM pun dimulai. And,..?
What kind of this paper? Full of thing that i don't even know before. TKD Saintek bisa diartikan sebagai Tes Kekuatan Doa. Gila, MTK gua cuman jawab 4, Fisika 7, biologi 7.

Pulang dengan otak ngebul mikirin masa depan, apalagi terlintas pikiran ancaman emak mau dikirim australi biar kuliah disana aja, tapi jangan pulang-pulang lagi ke Indon! Wah puyeng.

Pending dulu soal SBM dan kelulusannya, Let's get to next chapter.


UMPN PNJ

Awalnya gua gerak cepetlah, begitu ketauan ga keterima PNJ, gua gerak lagi daftar UMPN, H+1 SBM langsung gua bayar ke Bank mandiri noh 250k, dengan pilihan :
1.TEK.LISTRIK
2. TEK KONVERSI ENERGI

Pas udah masa tenang SBM, temen-temen gua pada UTUL, SIMAK dan segala macem lah. Gua? menikmati liburan. Yap, selama 12 tahun ini gua ga pernah merasa setenang ini, padahal gua belom dapet PTN mana pun!

Akhirnya gua kegep ama emak gua malah main PB (Ngecheat lagi wkwkwk) dan dimarahin lah abis abisan diancem bakal dicabut internet segala macem (Padahal entar gua kuliah dicabut juga -_-)

Dan akhirnya terbesit taktik busuk gua, berbekal buku SBMPTN, dan coret-coretan pas gua belajar sungguh2 pas SBM, gua buka buku, taro coretan diatasnya, dan ga lupa pulpen supaya emak ga curiga. (Maafkan anakmu ini Mak wkwk) Jadi gua tetep main PB (tetep ngecheat juga) dan ketika emak gua patroli, gua langsung buru-buru matiin monitor, sabodo teuinglah gua mati di PB, daripada internet gua dimatiin ama emak gua pikir.

Tiba-tiba terbukalah hati dan pikiran gua kalau jalan yang gua tempuh ini tidak benar., namun ketika H-1 UMPN wkwkkw. Gua belajar mati-matian dari buku SBM tanpa tau apa yang sebenernya gua "hadapi" besok.

Pagi-pagi berbekal Voucher potongan 75k uber, gua tancap gas ke lokasi Ujian di PNJ. Ini pertama kalinya gua ke UI, dan gua baru sadar kalo UI ini serem asli wkwkw, gua kesana jam 6.35 udh di UI, dan masih rada gelap gara-gara mendung, apalagi jalan mau ke PNJnya yang harus lewatin hutan,stadion dll. Untungnya supir uber gua ga penakut sepertinya wkwk, padahal waktu itu cuman ada mobil kita di track UI wkwk.

Sampai di PNJ, Puji Tuhan rame wkwk, gua sempet mikir gua bakal ujian di temenin setan dll tadinya wkwk. Segera gua menuju ke gedung D ruang 201 B, namun ruangan baru boleh buka pas ujian dimulai. Seketika gua ngeliat kaka-kaka senior lalu lalang, rupanya ada beberapa senior yang harus ngawas, dan ngiterin absen. Mulailah imajinasi gua berkhayal kalo gua nanti keterima disini, gua nanti yang ngiterin absen apa yang ngawas yak? wkwkw

Ujian pun dimulai. Dan lu tau apa? INI SOAL LKS! sialan gua susah-susah belajar hukum bernouli, kirchoff, dll. yang keluar cuman ngitungin peluru kena dinding.(Asli ini gampang banget)

Liat MTK? gila matriks semua isinya halaman pertama. Sumpah kaget gua ini soal kayaknya dibuat untuk beginer dah wkwkk.  Tapi gua ga langsung ngerjain MTK atau fisika, gua kebut bahasa dulu, gua isi Indo-Inggris, Indo hampir isi semua kecuali yang kata baku, males nyarinya. Inggris full gua kerjain, So easy.

Sisa MTK ama fisika. gua udh lupa gua isi berapa, lu bisa liat postingan gua tentang UMPN pnj di blog gua yang atu lagi, Pokoknya total gua isi 68 lah.

Pulang naik uber lagi, gratisan lagi wkwkwk.


PENGUMUMAN UMPN PNJ

Saat itu tanggal 20 Juni, pagi-pagi gua cabut ke bengkel dulu buat servis berkala motor. pulang jam 9, tidur bentar, bangun-bangun buka TL Twitter ada tweet dari @PusdatinPNJ kalo pengumuman udh bisa diliat.


Shit, gua tegang asli! Gua buka webnya, lalu gua ketik nomor username gua, gak lupa password, dan....


Huaaa gua seneng banget! Gua langsung kasih tau nyokap dan doi juga bahagia banget, Apalagi ada embel-embel "PLN" disitu hehehe :3

Beraakhir? belum. Gua masih nunggu SBM. Maafkan aku PNJ, karena kamu menyakiti hatiku di pmdk, gua terpaksa menduakanmu LOL


PENGMUMAN SBM - 28 JUNI 2016.

Dan tiba hari pengumuman, yah, udahlah gua langsung kasih tau aja yak ga usah drama lagi, wkwkw gua ga lolos SBMPTN. Nasib temen sekolah,les pun juga ga jauh beda.Jarang yang lolos,bahkan ga ada yang tembus UI atau UNPAD!. Parah emang SBM! Wkkwkwk.


29 JUNI - PNJ! Here I Come!
Akhirnya tanggal 29 Juni gua langsung ke PNJ buat ngurus registrasi, dan sebagainya. Yap, for next 3 years, gua bakal kuliah disini, di Politeknik negeri Jakarta.

End? Yes. Gua ga mau lagi ujian. Kapok ama ditolak sungguh. Beberapa orang bilang lebih prefer S1, daripada D3, but fuck that, gua lebih prefer PNJ! Bisa jadi anak UI Siluman

No, it's just a joke soal anak UInya, Jujur, pas pertama pasti ada lah rasa pride, jadi anak ke-UIan , bahkan gua sempet pamer di Line pas Daful di UI :p WKWKKWK

Tapi emang bener, berjalannya waktu, gua malah lebih seneng dipanggil anak PNJ ketimbang anak UI, atau anak Politeknik UI.

So here I am. Stop running for a tittle named PTN. Karena gua udah gained my PTN, di PNJ.

 Bahkan gua udah gabung ke grup maba elektro, dan MABA PNJ, tapi gua lebih suka di grup elektro, karena ga terlalu berisik, dan anaknya juga asik-asik. Di Grup MABA satu lagi buset, sehari notif 999+ wkwkw, maklum 300 orang dijadiin satu grup ada aja yang dirumpiin.

Dan gua bersyukur banget atas apa yang gua dapet saat ini, dimana yang lain susah-susah belajar buat PENMABA, UM UB, UNSUD dll, gua cuma nonton tv di rumah, tidur, main komputer, ampe sekarang gua bener-bener bosen dan kangen sekolah :(

Dan gua bener-bener bersyukur banget, Janji Tuhan yang Ia ucapkan :
Mazmur 91 : 7-8a 
91:7 Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.
91:8a Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri 
NO Bukan berarti gua tertawa diatas penderitaan temen gua, tapi gua bener-bener bersyukur.

Gua bukan kalangan 10 besar.

Gua ga pinter Bio dan kimia

Nilai gua ancur, UN gua ancur dan gua ga terlalu peduli wkwk

Gua bahkan udah hopeless kalau nanti gua harus nunggu setaun lagi buat ikut SBM 2017.

Tapi Tuhan bener-bener baik, mungkin Dia bukan ngasih yang gua harapkan. Bayangkan gua ditolak SNMPTN dan SBMPTN, padahal itulah yang gua pengenin, masuk PTN yang bergengsi. Tapi Dia ngasih jalan yang terbaik,

Makasih banget Tuhan atas segalanya.





Cheers 



Raymond Anthony Gerung
MABA Tek.Listrik & CAMABA PLN 2016.


Ditulis Oleh : Tony ~Behind 'Monds' Life

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Run For PTN? yang ditulis oleh Behind 'Monds' Life yang berisi tentang :Run For PTN? Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di blog saya !

Blog, Updated at: 01.32

0 komentar:

Posting Komentar

Yang baca nih blog..

Sparkline 6768885
Diberdayakan oleh Blogger.

Flexible Home Layout

Main Menu

Sub Menu

FACEBOOK COMMENT APPID

DISQUS SHORTNAME