Nyari Kost di UI

Written By Tony on Rabu, 03 Agustus 2016 | 21.33

Oke kalian maba UI? Selamet! tapi saya bukan maba UI, saya cuman seorang mahsiswa yang kampusnya terdampar di perguran tinggi yang namanya tersohor di seantero negeri ini, sampe sampe banyak orang UI bilang kampus gue "numpang nama"

Oke, let's not talk about it, gua mau kasih tau rekomendasi kost di UI, sebenrnya nyari kos di daerah kampus itu relatif mudah. karena dimana ada kampus, disitu kost pasti menjamur, selain kost yang menjamur, warung makan murah pun ikut-ikutan berdiri di sekitar area kampus, namun ya harus selidikin dulu itu yang masak bener apa kaga yak wkwk.

UI sendiri didirikan di suatu daerah yang bernama "Depok" Kalo lu dari jakarta, lu bisa akses ke kampus tersohor ini via Jalan lenteng Agung, atau via jalan akses UI. 

Denah map per-kostan di UI:

Gimana? sudah ada gambaran? oke ini dia rekomedasi kos di UI versi On The Mond :

1. KuKel
Dekat dengan : Vokasi,PNJ,FMIPA,FKM
Harga : 300 ribu-1,5 Juta per bulan

Kukel adalah singkatan dari Kukusan Kelurahan, dinamakan begono karena dekat dengan Kantor kelurahan kukusan. Akses pintu kukel hanya digunakan sebagai pintu untuk masuk ke UI, jadi kalian tidak bisa masuk ke pintu kukel untuk kembali ke kost-an. Lalu bagaimana cara masuk ke kost-an? anda harus masuk ke pintu KuTek yg deket Fakultas Teknik, letak persisnya disebelah klinik Makara. Tapi untuk kamu yang berjalan kaki, kamu masih bisa kok lewat pintu kukel untuk balik kost-an. Peraturan tadi hanya berlaku untuk motor.

+ Positif :
1. Makanan murmer, porsi banyak, enak
2. Daerahnya agak lebih bersih
3. Lebih banyak pilihan kost yang murah
4. Harga kost banyak yang murah dengan fasilitas 1 jutaan.

- Negatif :
1.Kalo malam jam 8 keatas sepi
2. Rawan maling (katanya)
3. Harus muter lagi untuk kembali ke kost-an

Kos yang gua saranin : Pondok Cening,Kost putra jalan joglo 16,Mahatma putra (Joglo), Kos mahatma (deket futsal oase)


2. KuTek
Dekat dengan : Fakultas Teknik,Fakultas Ilmu dan Budaya,FEB,FISIP
Harga : 400 ribu- 2juta per bulan

KuTek berarti kukusan teknik, karena dekat dengan Fakultas Teknik. Akses pintu KuTek sebenarnya hanya untuk keluar ke area kost di Kukel dan Kutek, namun masih banyak yang bandel menjadikan pintu ini untuk masuk kembali ke UI. tapi sekarang udah ada satpam yang jagain kok.

+ Positif :
1. Selalu ramai
2. Fasilitas umum banyak
3. Deket dengan FT yang wifinya kenceng banget

- Negatif :
1. Mahal
2. Berisik
Kost yang gua rekomen : Kost al-kahfi,Pondok Agape

3. Pocin & Barel
Dekat dengan : FKM,FMIPA,FASILKOM,FH,PSIKOLOGI
Harga : 600 ribu-1,5 juta per bulan

Pocin itu Pondok Cina, daerah di depok. deket dengan mall Detos, dan jalan marrgonda. akses pintunya masih cukup aman walaupun kudu lewatin rel

+ Positif:
1.Bangunan bagus-bagus
2. Warung makan banyak

- Negatif 
1.Harus nyebrang rel yang cukup berbahaya bagi gua (sekarang udh ada palang peringatan)

4. Beji 
Dekat dengan : PNJ,FMIPA,FKM
Harga : 300 ribu - 1 Juta

Beji itu daerah dibelakang PNJ. Akses ke sini bisa lewat pintu belakang PNJ, atau muter lewat margonda/Pocin. Kos di daerah sini ga begitu banyak, dan daerahnya maap agak gersang. Aksesnya juga mesti lewatin jalan tol, iya jalan tol yang lagi dibangun tapi katanya sih mau dibikin jembatan penyebrangan.

+ Positif :
1.Murah
2. Makanan cukup banyak

- Negatif :
1. Akses mesti lewat proyek pembangunan tol. ngerti kan kalo ujan gimana? Off road dah lu.
2. Kalo malem SEPI banget, dan konon katanya sih ya, katanya lho, kost di beji itu kebanyakan angker. Salah satu kostannya pernah di post di Kaskus sub forum SFTH.
3. Warung makan tutup jam 22 keatas
4. Agak jauh jika kalian kuliah di UI. Daerah ini lebih menguntungkan anak PNJ.
 Kos yang gua rekomen : Wisma asgard, Kost om Diki


5. Kelapa Dua/Akses UI/Kober
Dekat dengan : Gunadarma,Gerbatama
Harga : 500 ribu - 1,5 juta perbulan

Kober atau deket deket kelapa dua itu daerah deket salah satu univ swasta terbaik di Indonesia, yaitu Gunadarma. Lokasinya strategis di jalan besar (Akses UI - Margonda) membuat anda bisa banyak jajan dimari, tapi tentu tarifnya lebih mahal ketimbang di kutek atau kukel jajanannya. Di Jl.Akses UI ada richeese factory,MCD, sedangkan jika anda ke jalan margonda banyak Mall berjejer di sana.

+ Positif :
1. Akses mobil mudah, sehingga mungkin jika anda membawa roda 4, lebih baik kos di daerah sini saja
2. Jajanan banyak
3. Ramai
4. Daerahnya sudah lumayan aman karena deket brimob dan biasanya tim jaguar depok suka patroli di daerah sini

- Negatif :
1. Cukup jauh dari fakultas fakultas UI, jangan harap bisa jalan kaki ke UI, gempor gan
2. Untuk balik ke kelapa dua, harus muter lewat lenteng agung, atau lawan arus di jembatan masuk gerbatama
3. Jalanan rawan kecelakaan

Kost yang gua rekomen : Kost Ibu Haji
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk kost, rata-rata fasilitas sama, Kasur,Lemari,meja,kursi. Nah fasilitas tambahan seperti kamar mandi dalem, atau wifi, AC, itu pinter-pinternya kalian nyari aja. Sekarang si udah banyak kost yang
nyediain wifi, tapi liat lagi apa kamar kalian kebagian sinyal kenceng?

Karena biasanya kost naroh wifi di ruang tamu atau aula, nah coba check apa kamar kalian sinyalnya kenceng? bayangin aja udah wifi dipake rame-rame, ditambah lagi sinyal kamarlu yg lemah, beuh...

Untuk kost yang gua rekomen diatas, udah lengkap sama wifi, dan harganya berkisar 300-500 ribu. Untuk kamar mandi dalem atau luar silahkan survey sendiri atau komen dibawah.

Nah untuk yang nanya soal jalan akses ke UI Nih dia :
Tips buat kalian yang nyari kost :
1. Naik motor, panas emang, tapi kalo naik mobil kudu muter lagi ke belakang-belakang
2. Siapin akua sama stamina.
3. Jangan ragu nanya ke orang soal kost. Tapi tanya sama tukang ojek yang mangkal, jangan ke orang-orang deket kostan tertentu. Ga objektif.
4. Pakai prinsip ini : Semakin jauh kost kamu dari gerbang kampus, semakin murah harganya, maka coba cek di daerah pelosok pelosok. Murah
5. Cari kos yang bangunannya baru. Biasanya banyak bangunan baru netapin harga pertama 400 ribuan. tapi siap-siap aja naik 1 tahun kemudian, namanya juga promosi.


Bagaimana dengan kos gua? Gua sekarang udah resmi kos di daerah KuKel. Kenapa gua pilih Kukel? karena emang yang paling enak makanan sama kehidupannya di kukel. Gua kos di kost mahatma putra di jalan joglo 19, (letaknya mengahdap ke jalan tegangan tinggi)


Dulunya nama kos ini Travellya, dan yang buat gua memutuskan stay disini adalah wifinya Indihome! Selain itu kos ini juga cukup aman karena parkir di dalem di halaman dalem (bukan luar kayak di gambar) terus untuk akses ke halaman dalem dikunci setiap jam 23.00, dan pager halaman luar juga dikunci. Nah jadi bisa dipastiin kost gua cukup aman lah. Tapi tetep mesti hati-hati, karena maling terkadang lebih pinter.

Untuk harga 550 ribu untuk non AC, fasilitas kamar mandi dalem(ajib), bed,lemari,meja, korsi. Fasilitas umum ada TV di aula sama wifi. Kamar gua untung deket aula jadi wifinya juga kecipratan ahaha.

Jumlah kamar ada 65, dan khusus cowok, cewek ga boleh masuk. Yah, ketat emang, tapi emak gua paling suka ama aturan begini. Untuk yang mau nginep dikenakan biaya 20 ribu permalem, heheh ga bisa nginep lu pada di kos gua :P

Akses ke pintu kukel deket banget, jalan semenit gek nyampe ke pintu kukel, namun jalan dari pintu kukel ke PNJ nya yang agak jauh, (malah melewati hutan rimba)

Nih foto penampakan kamar gua (belon diisi apa-apa baru survey):
Kost Mahatma Putra Jalan Joglo 19 (Kamar Dalem)


Kamar mandi

Emang keliatannya kamar mandinya agak kotor, tapi bersih aslinya suer dah, kayaknya sih baru direnov, karena berubah nama mungkin dan nambah lantai juga.

Untuk barang elektronik nambah 10K kalo wattnya gede, dan laptop sama kipas gak kena charge.

Kos lain yang mungkin kalian bisa kunjungin itu Pondok cening. cari aja di google dia ada kok di mamikos, tapi kamarnya udah penuh dan sisanya diatas yang ga dapet wipi. :(

Ditulis Oleh : Tony ~Behind 'Monds' Life

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Nyari Kost di UI yang ditulis oleh Behind 'Monds' Life yang berisi tentang :Nyari Kost di UI Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di blog saya !

Blog, Updated at: 21.33

0 komentar:

Posting Komentar

Yang baca nih blog..

Sparkline 6768885
Diberdayakan oleh Blogger.

Flexible Home Layout

Main Menu

Sub Menu

FACEBOOK COMMENT APPID

DISQUS SHORTNAME